Membagikan apa saja yang saya sukai

Friday, October 20, 2017

Perbedaan ISO dan CSO Secara Benar dan Lengkap pada PPSSPP

Perbedaan ISO dan CSO

Hi, sudah lama Saya tidak memposting karena sibuk didunia nyata dan mengurus Grup PPSSPP Indonesia. Anda selalu semangat saat bermain game psp dengan PPSSPP kan? Saya juga kok apalagi main God Eater 2 hehehe.

Jangan lupa untuk membaca: 
Pemahaman dan Penjelasan Semua Setting Yang Ada di PPSSPP.


Apa itu ISO dan CSO?

Seperti kata diatas, Saya akan membahas dua hal itu. Apakah CSO selalu buruk? mungkin Anda akan beranggapan seperti itu terhadap CSO. Ya memang benar CSO bisa menjadi buruk ketika game PSP tidak mendukung CSO, tapi saya rasa CSO yang buruk hampir tidak akan membuat PPSSPP lambat atau rusak.


ISO

ISO, pasti kalian sangat tidak asing dengan format itu. Format itu banyak digunakan untuk game jaman dulu sampai sekarang masih digunakan. Kepanjangannya adalah International Organization For Standardization Atau maksud lainnya adalah Direct Image Copy dari UMD disk.

Anda pasti saat melihat file ini, kaget dengan ukurannya yang besar. Ya memang Ukuran Game itu besar, dan ketika Anda mengekstrak file gamenya dari ISO akan mendapat size yang jauh lebih besar lagi. Karena itu juga hasil kompres dari developernya.

Semuanya Terjamin di ISO. Tergantung terhadap Spesifikasi HP atau PC Anda sendiri.


CSO

nah, untuk para pemain PSP dan PPSSPP juga tidak asing dengan ini. Dengan sebutan terkenalnya yaitu Size yang lebih kecil dari ISO. Memang benar sih CSO lebih kecil dari ISO karena CSO melakukan kompres terhadap file ISO.

menurut Saya CSO hanya memiliki satu kekurangan jika dimainkan di PPSSPP, yaitu Penurunan sedikit terhadap Video dan Suara. Namun masih jelas dilihat dan didengarkan saat bermain. Kelebihannya pastinya Size Kecil hehehe.

Anda pasti mendengar atau pernah membaca CSO adalah sangat buruk, tapi Saya menolak pernyataan itu. Itu semua tergantung terhadap orang yang mengkompres CSOnya, karena saat mengkompres CSO terdapat pilihan tingkatan yang diinginkan. Menurut saya Tingkatan kompresi CSO tidak merusak performa dan kualitas Game tersebut.

Itu tergantung terhadap Spek dalam dekompresi CSO, terutama untuk SD Card. Jika Buruk akan berdampak pada performa PPSSPP seperti penurunan kelancaran bermain. CSO tidak memiliki Bug dan Error kecuali jika Orang yang mengkompresinya melakukan perubahan data/file terhadap ISO sebelum melakukan kompresi ke CSO.

Beberapa Game ada yang tidak mendukung CSO walaupun sudah memakai PPSSPP, itu memang dari pembuatannya. CSO terpaksa melakukan Kompresi paksa terhadap ISO yang ingin dikecilkan.

Biasanya yang membuat CSO akan menghapus file Video & Musik saja.



Kesimpulan

Kedua Format itu sama bagusnya, hanya dalam CSO itu penurunan sedikit kualitas video dan suara serta tergantung pada pembuatnya. Namun masih dapat dilihat dan didengarkan secara jelas.

Tergantung pada Anda sendiri lebih ingin ke ISO atau CSO? untuk saya sendiri memang memilih ISO karena Saya tidak percaya kepada orang yang mengkompresi CSO yang kemungkinan besar menghapus file video dan musik yang seharusnya ada dan tanpa memberitahu jika file video dan musik dihapus olehnya.

Kenapa Kita tidak mengkompresi CSO sendiri yang lebih jauh aman?

Berikutnya saya akan memberikan Cara Mengkompres ISO ke CSO dengan aman.

2 comments: